Kenali Gross Rating Point untuk Media Planning 

GRP (Gross Rating Point) didefinisikan sebagai salah satu jenis metrik yang dioptimalkan dalam perencanaan media sebagai pengukuran untuk membantu pemasaran dan periklanan. Ini digunakan untuk menilai efektifitas kampanye iklan. GRP menggabungkan dua komponen utama yaitu : Reach (jangkauan) dan Frequency ( frekuensi).

  1. Reach mengukur sejauh mana pesan iklan mencapai audiens target. Jangkauan ini merupakan presentase dari total audiens target. 
  2. Frequency mengukur seberapa sering audiens terpapar pesan iklan. Ini jumlah pesan iklan dilihat oleh audiens dalam periode tertentu. 

GRP = Reach X Frequency 

Misal : Jika iklan mencapai 20% audiens target dan rata-rata audiens terpapar pesan iklan sebanyak 3x, maka GRP ialah 20% x 3 = 60. 

GRP terbilang sangat membantu mengukur sejauh mana pesan iklan mencapai audiens target dan seberapa banyak audiens terpapar iklan tersebut. Ini juga sangat membantu pengiklan menilai efektivitas kamapnye iklan. Selain itu semakin tinggi GRP, semakin besar dampak pesan iklan pada target audiens. 

Pengiklan juga sering menggunakan metrik tambahan dalam menganalisis iklan. Seperti CPM (Cost Per Mille/1.000 Impressions), CPC (Cost Per Click), atau ROI (Return On Investment)

 Jika kamu bingung mengenai hal yang berkaitan dengan Branding, seperti strategi marketing untuk brandmu, OOH Advertising, brand activation, sosial media maintenance, website maintenance, atau lainnya, kamu bisa mempercayakan kepada brand development terpercaya.

Teamwork Brand Development yang sejak tahun 2006 telah berhasil membantu brand skala nasional hingga multinasional berkembang di wilayah nusantara.  Jadi tunggu apalagi? Kami hadir membantu kamu meningkatkan branding bisnis kamu sehingga market kamu tumbuh dan berkembang secara benar. Klik di Sini untuk informasi lebih lanjut. Kesuksesan kamu adalah tujuan kami.