Membangun Logo di Benak Konsumen
Logo memiliki definisi merupakan simbol grafis atau tanda yang mewakili suatu perusahaan, suatu merek, produk dan sebagainya. Dalam hal lain, logo memiliki kombinasi unik seperti huruf, ikon hingga warna. Ini menjadi identitas visual yang memberi kesan kuat dan menciptakan pengenalan di benak audiens dan konsumen.
Logo sendiri memegang peranan penting dalam sebuah pemasaran dan branding. Logo mampu membantu meningkatkan brand awareness, membedakan merek dari pesaing, hingga meningkatkan kepercayaan konsume terhadap merek.
Membuat logo tentunya perlu perencaanaan dan eksekusi yang matang sehingga tujuan logo dapat teroptimalkan. Membangun logo yang berkesan di benak konsumen merupakan tujuan utama dalam proses desain logo selain meningkatkan kredibilitas dan membedakan dengan bisnis pesaing. Adapun beberapa langkah yang membantu dalam membuat logo yang optimal menanam di benak konsumen. Beberapa diantaranya :
- Pemahaman Merek
Sebelum membangun atau membuat logo yang efektif untuk diingat oleh konsumen, tentunya hal pertama ialah melakukan penelitian yang mendalam mengenai merek, nilai inti serta pesan yang ingin disampaikan. Perlu juga memahami target audiens yang akan optimal dalam mempresentasikan esensi merek dalam desain logo.
- Unik dan Berbeda
Nilai unik dan berbeda akan lebih diingat dalam benak konsumen. Jadi kamu juga perlu memastikan keunikan dan unsur berbeda dari logo pesaing.
- Relevansi dan makna
Dalam setiap unsur dalam logo meliputi simbol, warna dan bentuk memiliki relevansi pesan dan identitas merek serta maknanya tersendiri. Jadi kamu perlu memikirkan dan melakukan perencanaan yang matang.
- Kreativitas
Membuat logo yang memiliki nilai kreativitas akan menarik perhatian konsumen. Dalam hal ini perhatikan warna yang tepat dan memiliki daya tarik emosional hingga psikologis. Selain itu, perhatikan juga tipografi yang cocok dan sesuai dengan merek.
- Uji Audiens
Sebelum menetapkan hasil akhir, ada baiknya kamu melakukan uji logo dengan berbagai audiens dan meninjau tanggapan dari audiens apakah kesan dan pesan yang disampaikan sudah sesuai dan relevan serti mudah masuk dalam benak konsumen.
Beberapa hal ini menjadi cara yang efektif ketika ingin membangun logo di benak konsumen. Memiliki perencanaan yang matang dan tetap memperhatikan hal-hal dan elemen logo ketika membuat lofo menghasilkan kemudahan konsumen cepat dan mudah mengingat logo.
Jika kamu bingung mengenai hal yang berkaitan dengan Branding, kamu bisa mempercayakan kepada brand development terpercaya. Teamwork Brand Development yang sejak tahun 2006 telah berhasil membantu brand skala nasional hingga multinasional berkembang di wilayah nusantara. Jadi tunggu apalagi? Kami hadir membantu kamu meningkatkan branding bisnis kamu sehingga market kamu tumbuh dan berkembang secara benar.
Klik di Sini untuk informasi lebih lanjut. Kesuksesan kamu adalah tujuan kami