Pentingnya Brand Image yang Positif
Brand image atau citra merek dianggap memegang peranan yang penting dalam suatu bisnis. Brand image mampu mempertahankan dan meningkatkan target penjualan bisnis. Di era kini, sebagian masyarakat membeli suatu produk atau layanan karena adanya kedekatan personal dengan merek itu sendiri. Misalnya, teknik kampanye iklan yang dianggap relevan dengan kondisi masyarakat. Oleh karena itu, brand image atau citra merek menjadi hal penting dalam perjalanan suatu bisnis.
Apa Itu Brand Image?
Brand Image memiliki pengertian opini, tangggapan, pemahaman seseorang terhadap merek yang muncul karena adanya interaksi dengan merek yang membangun persepsi di ingatan seseorang tersebut. Namun sayangnya tidak semua pebisnis memahami hal ini. Sebagian masih memandang brand image bukan hal yang penting dan hanya sekedar logo yang diterapkan di produk atau layanan mereka. Padahal jika diamati lebih detail lagi, brand image tidak mencakup itu saja, melainkan adanya kedekatan personal merek dan brand association dengan konsumen.
Indikator Brand Image
Indikator brand image mampu menentukan persepsi konsumen terhadap merek. Beberapa diantaranya :
- Lokasi dan desain tempat
- Pemasaran produk atau layanan
- Atribut produk
- Desain variasi warna dan model
- Interaksi dan Transaksi
Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai alasan pentingnya brand image yang positif, kamu bisa menyimak artikel ini sampai selesai ya!
1. Reputasi yang Baik
Membangun brand image positif akan berdampak pada reputasi brand yang baik di mata konsumen dan masyarakat. Ini akan membuat produk atau layanan yang ditawarkan menjadi lebih mudah diterima oleh calon pelanggan.
2. Unggul dari Kompetitor
Istilah competitive advantage yaitu suatu keadaan dimana merek lebih unggul dari kompetitor. Dengan memiliki brand image yang positif, kamu juga akan meningkatkan nilai dari competitive advantage.
3. Mencerminkan Manajemen
Brand image memiliki kemampuan mampu menjadi cermin bagaimana orang mengelola bisnis dan kebutuhan pasar. Brand image yang positif mampu membantu kesuksesan dari bisnis tersebut.
4. Membangun Kepercayaan dan Loyalitas Pelanggan
Brand image positif dapat membangun hubungan yang baik antara konsumen dan bisnis. Ini tak disadari juga akan memberikan kesan positif di mata mereka dan menempatkan produk atau layanan kita di urutan teratas mereka.
5. Brand Top of Mind
Istilah brand top of mind ini memiliki arti merek yang pertama kali diingat oleh pelanggan. Nyatanya brand image mampu menciptkan brand top of mind pada pelanggan. Nah beberapa hal ini menjadi alasan pentingnya brand image yang positif bagi suatu bisnis.
Jika kamu kebingungan dalam menentukan dan melakukan strategi marketing, membuat marketing plan hingga eksekusi, melakukan branding atau hal berkaitan dengan development brand. kamu bisa mempercayakan kepada brand development terpercaya.
Teamwork Brand Development sejak 2006 telah berhasil membantu brand skala nasional hingga multinasional berkembang di wilayah nusantara. Jadi tunggu apalagi? Kami hadir membantu kamu meningkatkan branding bisnis kamu sehingga market kamu tumbuh dan berkembang secara benar.
Klik di Sini untuk informasi lebih lanjut.
Kesuksesan kamu adalah tujuan kami.