Brand Ambasaddor Tepat, Keuntungan Meningkat
Ada banyak strategi pemasaran yang efektif untuk meningkatkan penjualan, mendorong naiknya brand awareness, hingga mempromosikan produk atau layanan tertentu. Salah satu strategi yang paling efektif hingga saat ini ialah dari mulut ke mulut.
Pasalnya, strategi rekomendasi dari orang yang telah merasakan kepuasan menggunakan produk atau suatu layanan akan meningkatkan daya jual produk dibandingkan iklan media. Hal ini kemudian digunakan sebagai strategi promosi dengan menemukan orang yang bersedia menyebarkan nilai positif brand ke orang-orang sekitar mereka. Istilah ini kemudian dinamakan brand ambassador yang mana memiliki peran penting dalam kesuksesan brand melalui ulasan.
Apa Itu Brand Ambassador?
Brand ambassador sendiri memiliki definisi public figure yang menggunakan produk atau layanan untuk dipromosikan. promosi yang dilakukan mereka pun beragam. Mulai dari online hingga offline (Posting di akun media sosial, di event resmi atau komunitas)
Berbeda dengan influencer, brand ambassador lebih menggunakan percakapan langsung dengan konsumen yang tertarik dengan brand produk yang dipromosikannya. Ada beberapa ciri yang dimiliki brand ambassador, diantaranya memiliki penampilan yang menarik, profesionalisme yang tingi, kemampuan leadership, persuasif, memiliki passion membangun relasi, mengetahui lengkap brand yang diwakili hingga mampu mengelola feedback konsumen dengan baik.
Peran Penting
Brand ambassador mampu berperan mensukseskan sebuah produk atau layanan. Kira-kira ada 3 poin penting peran brand ambassador dalam kesuksesan sebuah produk atau layanan.
- Meningkatkan kesadaran merek masyarakat terkait brand yang diwakili
- Menarik perhatian konsumen
- Menarik konsumen untuk memilih dan membeli brand melalui teknik persuasi
Selain tiga peran penting itu, nyatanya ada keuntungan lain yang bisa didapatkan dengan menggunakan brand ambassador. Diantaranya :
- Konsumen yang jenuh melihat tagline atau promosi media sosial akan terasa jenuh, dengan menggunakan brand ambassador mereka akan lebih mempercayai para brand ambassador karena berbicara dari sudut pandang konsumen sendiri.
- Keefektivitasan biaya akan didapat dimana brand ambassador lebih hemat dibanding beriklan di media. Potensi menggunakan brand ambassador sebagai penunjang menaikkan profit penjualan pun tinggi. Apalagi jika brand ambassador rata rata memiliki ribuan hingga jutaan followers, jika persuasi mereka tepat dan sukses, tentunya brand juga dipastikan akan sukses besar.
Nah beberapa hal ini menjadi alasan mengapa brand ambassador memiliki peranan penting dalam kesuksesan brand. Jika kamu kebingungan dalam menentukan dan melakukan strategi marketing, membuat marketing plan hingga eksekusi, melakukan branding atau hal berkaitan dengan development brand. kamu bisa mempercayakan kepada brand development terpercaya.
Teamwork Brand Development sejak 2006 telah berhasil membantu brand skala nasional hingga multinasional berkembang di wilayah nusantara. Jadi tunggu apalagi? Kami hadir membantu kamu meningkatkan branding bisnis kamu sehingga market kamu tumbuh dan berkembang secara benar.
Klik di Sini untuk informasi lebih lanjut.
Kesuksesan kamu adalah tujuan kam