Pentingnya Color Palette dalam Menentukan Brand Identity

Dalam melakukan keputusan pembelian suatu produk atau layanan, tentunya perlu adanya pertimbangan. Pertimbangan yang paling umum dilakukan oleh target konsumen adalah look dari kemasan. Secara tidak langsung, kemasan nyatanya lebih mudah diingat oleh target konsumen. Hal ini bisa disebut dengan brand identity.

Brand identity memiliki makna jati diri bagi suatu brand. Ketika ingin membeli produk beng-beng, kamu biasanya akan mencari produk yang berwarna merah. Logo dan warna kemasan merek tersebut menjadi salah satu dari sekian variabel brand identity dari merek beng-beng.

Nah untuk itu, kita pahami lebih mengenai apa brand identity itu?

Dalam artiannya sendiri, brand identity atau identitas produk  terdiri dari berbagai elemen yang melekat pada merek, logo, kemasan dan warna. Kini kita tahu bahwa brand identity memiliki peranan yang sangat penting dalam mengenalkan dan menanamkan merek kita ke benak konsumen. Untuk itu, color pallete atau palet warna yang digunakan dalam brand identity perlu dipertimbangkan dengan matang. 

Ada beberapa alasan yang mendasari mengapa palet warna memiliki peran penting dalam menentukan brand identity, diantara lain : 

1. Kesan Merek

Color pallete mampu membantu membuat dan meningkatkan kesan merek dan meninggalkan kesan di benak konsumen. Semisal merah, meninggalkan kesan kuat dan berani. 

2. Daya Ingat

Konsumen akan terbantu mengingat merek dengan color pallete yang digunakan oleh merek. Semisal beng-beng yang dikenal dengan warna merah.

3. Pembeda

Color pallete juga mampu membantu merek membedakan diri dari pesaing. Hal ini akan sangat membantu menonjolkan kesan merek dari pesaing. 

4. Konsistensi Merek

Dengan menerapkan color pallete secara konsisten, akan semakin mampu meningkatkan brand identity sebuah merek dan akan berpeluang mudah dikenali konsumen.

5. Emosi Konsumen

Color pallete juga mampu mempengaruhi emosi konsumen dan menciptakan suasana. Semisal warna hijau yang akan memberi kesan alami dan segar.

Nah untuk itu dalam memilih color pallete, perlu pertimbangan yang berkaitan dengan target pasar, industri dan juga pesaing. Kamu perlu memilih warna yang sesuai dengan merek dan dapat optimal dalam menonjolkan nilai-nilai merek. Lakukan hal ini kemudian gunakan secara konsisten di seluruh media pemasaran. Kamu bisa memulai dari logo hingga iklan digital. 

Jika kamu kebingungan dalam menentukan dan melakukan strategi marketing, melakukan branding atau hal berkaitan dengan development brand. kamu bisa mempercayakan kepada brand development terpercaya. 

Teamwork Brand Development sejak 2006 telah berhasil membantu brand skala nasional hingga multinasional berkembang di wilayah nusantara.  Jadi tunggu apalagi? Kami hadir membantu kamu meningkatkan branding bisnis kamu sehingga market kamu tumbuh dan berkembang secara benar. Klik di Sini untuk informasi lebih lanjut. 

Kesuksesan kamu adalah tujuan kami.