Optimalkan Marketing Mix untuk Sukseskan Pemasaran

Marketing Mix kini juga dikenal sebagai “4P,” ini merupakan konsep dasar dalam pemasaran. Maksud dari 4P merupakan empat elemen utama yang perlu diatur dan dioptimalkan dengan baik agar brand berhasil dipasarkan. Keempat elemen ini tentunya mampu membantu dalam suatu perencanaan mengenai kampanye pemasaran brandmu. 

  1. Product
  2. Price
  3. Place
  4. Promotion

Selain 4P, konsep Marketing Mix juga telah berkembang lebih luas menjadi 7P. Penambahan elemen tersebut meliputi : 

  1. People
  2. Process
  3. Physical Evidence

Konsep Marketing Mix sangat membantu perusahaan dalam merancang strategi pemasaran yang efektif dan terintegrasi dengan elemen penting yang tentunya relevan. Dalam hal ini, perlu pengoptimalan Marketing Mix sebagai pendukung penting dalam mewujudkan strategi pemasaran yang sukses bagi suatu produk atau layanan. 

  1. Product (Produk)
  • Identifikasi keunggulan produk dari pesaing
  • Produk perlu sesuai dengan keinginan atau kebutuhan target pasar
  • Pertimbangkan preferensi pribadi target pasar dengan tetap melakukan perbaikan atau pengoptimalan
  1. Price (Harga)
  • Analisis untuk menentukan harga yang sesuai
  • Pertimbangkan strategi promo atau penawaran khusus untuk menaikkan penjualan
  1. Place (Tempat)
  • Menentukan saluran distribusi yang efektif
  • Pastikan produk mudah diakses 
  • Manfaatkan platform yang sesuai dan relevan dengan produk
  1. Promotion (Promosi)
  • Buat rencana promosi yang komprehensif
  • Mengoptimalkan media sosial dan iklan online
  • Sesuaikan isi pesan promosi dengan nilai produk
  1. People (Orang)
  • Maksimalkan pelayanan pelanggan 
  • Paham dengan produk atau layanan yang ditawarkan
  1. Process (Proses)
  • Perhatikan interaksi pelanggan dengan merek
  • Pastikan proses pembelian hingga pelayanan pelanggan lancar dan memuaskan
  1. Physical Evidence (Bukti Fisik)
  • Fokus pada citra merek secara fisik
  • Pastikan elemen visual konsisten di semua saluran

Nah selain hal yang disebutkan di atas, kamu perlu memahami bahwa pemantauan dan evaluasi kinerja pemasaran juga hal yang penting. Jika kamu bingung mengenai hal yang berkaitan dengan Branding, seperti strategi marketing untuk brandmu, brand activation, sosial media maintenance, website maintenance, atau lainnya, kamu bisa mempercayakan kepada brand development terpercaya.

Teamwork Brand Development yang sejak tahun 2006 telah berhasil membantu brand skala nasional hingga multinasional berkembang di wilayah nusantara.  Jadi tunggu apalagi? Kami hadir membantu kamu meningkatkan branding bisnis kamu sehingga market kamu tumbuh dan berkembang secara benar. Klik di Sini untuk informasi lebih lanjut. Kesuksesan kamu adalah tujuan kami.