Behavioral Targeting dan Pengaruhnya
Behavioral targeting memiliki definisi pendekatan pemasaran di mana iklan dan konten fokus kepada audiens berdasarkan perilaku online mereka. Ini menggunakan data yang telah dikumpulkan dari interaksi pengguna sebelumnya. Bisa berasal dari pencarian online, penjelajahan situs website, aktifitas media sosial hingga lainnya.
Analisis ini dilakukan dengan mengidentifikasi minat, preferensi, dan perilaku konsumen. Pengumpulan data ini yang kemudian akan dilakukan pemasar untuk melakukan behavioral targeting. Tujuan behavioral targeting ialah mengoptimalkan kampanye agar lebih efektif dan mampu cepat dalam mencapai tujuan pemasaran.
Strategi behavioral targeting bisa memberi dampak beragam dan tentunya mampu efektif dalam membantu meningkatkan hasil pemasaran.
- Relevansi Konten Lebih Tinggi
Data hasil analisis behavioral audiens dapat digunakan dalam proses pembuatan konten. Konten akan lebih relevan serta sesuai dengan minat audiens. Ini dapat meningkatkan konversi serta hasil pemasaran sebab audiens cenderung lebih tertarik dengan konten yang relevan dan sesuai dengan minat mereka.
- Target Akurat
Dengan mengoptimalkan data preferensi dan minat audiens serta perilaku mereka, ini memberi peluang tinggi kepada pemasar dalam menentukan audiens yang sesuai. Informasi ini sangat membantu dalam menentukan kelompok target.
- Tingkat Konversi Tinggi
Tak bisa dipungkiri bahwa dengan audiens memiliki minat tinggi, akan mendorong tingkat konversi pada produk atau layanan tertentu. Hal ini dapat disebabkan juga karena pesan yang disampaikan sesuai dengan apa yang diinginkan oleh audiens.
- Personalisasi Tinggi
Keunggulan lainnya dengan menerapkan behavioral targeting ialah pemasar akan lebih memiliki peluang tinggi membuat pesan atau isi iklan yang personal dan relevan bagi setiap audiens. Dan tentunya dengan mengoptimalkan ini akan meningkatkan keterlibatan atau engagement dan interaksi dengan konten atau iklan.
Behavioral juga memiliki potensi yang tinggi dalam meningkatkan efektifitas pemasaran dan perlu diketahui juga bahwa memanfaatkan potensi ini, pemasar juga harus mempertimbangkan etika dan privasi pengguna. Penting dicatat bahwa pengumpulan dan penggunaan data dilakukan secara sah dan transparan. Jika kamu bingung mengenai hal yang berkaitan dengan Branding, seperti strategi marketing untuk brandmu, brand activation, sosial media maintenance, website maintenance, atau lainnya, kamu bisa mempercayakan kepada brand development terpercaya.
Teamwork Brand Development yang sejak tahun 2006 telah berhasil membantu brand skala nasional hingga multinasional berkembang di wilayah nusantara. Jadi tunggu apalagi? Kami hadir membantu kamu meningkatkan branding bisnis kamu sehingga market kamu tumbuh dan berkembang secara benar. Klik di Sini untuk informasi lebih lanjut. Kesuksesan kamu adalah tujuan kami.