Pentingnya Tagline Unsur Penting dalam Strategi Marketing

Dalam artiannya sendiri, tagline merupakan frase singkat atau kalimat pendek yang memang bertujuan menggambarkan esensi atau pesan inti suatu merek, produk, kampanye pemasaran. Tagline memegang peranan penting dari strategi pemasaran. Pasalnya, tagline sangat efektif dalam membantu memperkuat identitas merek dan meningkatkan kesan serta kredibilitas kepada konsumen. 

Tagline mampu menyampaikan pesan merek kepada target audiens. Untuk itu, tagline perlu dibuat mempertimbangkan kemudahan untuk diingat, unik, dan menarik perhatian. 

Nah selain di atas, ada beragam manfaat dan alasan kenapa tagline menjadi unsur penting dalam suatu strategi marketing. Di antaranya : 

  1. Identitas Merek

Tagline menjadi ringkasan nilai dan kepribadian suatu merek. Tagline yang kuat dan mudah diingat akan membuat konsumen mampu lebih cepat mengenali dan mengingat merek kamu. Ini sebabnya tagline menjadi suatu identitas merek.

  1. Memperkuat Pesan Merek

Tagline mampu membantu penyampaian inti pesan merek dengan singkat dan jelas. Pesan kuat dan konsisten akan membantu lebih mudah mengkomunikasikan merek kepada audiens. 

  1. Meningkatkan Kesan dan Pesan Emosional

Tagline mampu merangsang emosi dan membuat konsumen terikat secara emosional. Dengan menanamkan kesan positif akan membantu meningkatkan kepercayaan dan loyalitas konsumen.

  1. Landasan Kampanye Pemasaran

Tagline sangat mampu menjadi dukungan dalam kampanye pemasaran. Tagline dapat digunakan di berbagai platform seperti iklan, media sosial, video promosi atau yang lainnya dengan tetap memberikan konsistensi dan kesatuan pesan. 

  1. Memudahkan Konsumen Memahami 

Tagline yang jelas dan mudah dipahami, akan membuat konsumen mudah juga dalam memahami produk atau layanan yang ditawarkan. Tentunya ini akan sangat berpengaruh pada keputusan pembelian konsumen.

  1. Diferensiasi Pesaing

Tagline yang unik, menarik, mudah diingat dan dipahami akan membantu merek kamu terkesan berbeda dari pesaing di pasar yang ramai. Dengan ini konsumen akan lebih menaruh perhatian ke merek kamu dibanding pesaing lainnya. 

Selain itu, kamu perlu mengingat bahwa tagline perlu mencerminkan merek secara akurat dan tidak bertentangan dengan nilai hingga tujuan bisnis kamu. Penggunaan tagline secara konsisten akan secara efektif membangun kesadaran merek. Kamu juga akan lebih mudah mencapai tujuan pemasaran. Jika kamu bingung mengenai hal yang berkaitan dengan Branding, seperti sosial media maintenance atau lainnya, kamu bisa mempercayakan kepada brand development terpercaya.

Teamwork Brand Development yang sejak tahun 2006 telah berhasil membantu brand skala nasional hingga multinasional berkembang di wilayah nusantara.  Jadi tunggu apalagi? Kami hadir membantu kamu meningkatkan branding bisnis kamu sehingga market kamu tumbuh dan berkembang secara benar. Klik di Sini untuk informasi lebih lanjut. Kesuksesan kamu adalah tujuan kami