Faktor – Faktor yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen

Konsumen berperan sangat penting dalam dunia bisnis. konsumen tidak hanya individu tetapi bisa juga perusahaan. menentukan target konsumen, menentukan karakteristik mereka serta mengetahui perilakunya dalam membuat keputusan pembelian merupakan kunci dalam merumuskan strategi pemasaran sebuah perusahaan. Analisis perilaku konsumen tidak hanya bertujuan untuk mengetahui kebiasaan konsumen pada masa lalu melainkan dapat berguna untuk memprediksi perilaku konsumen dimasa yang akan datang. Perilaku konsumen dapat dipengaruhi oleh banyak faktor. Menurut Philip Kotler tokoh pemasaran ternama di dunia, perilaku konsumen secara umum dapat dipengaruhi oleh kebudayaan, faktor sosial, faktor personal dan psikologi.

Untuk mencapai konsumen yang semakin beragam dan kreatif, marketer harus semakin cerdas dalam menyusun strategi pemasaran. berikut faktor – faktor yang dapat mempengaruhi perilaku konsumen dan akhirnya dapat mengarahkan konsumen dalam melakukan pembelian.

1. Faktor Budaya

Faktor budaya memegang peranan penting dalam perilaku konsumen. Faktor budaya meliputi hal – hal yang berhubungan dengan masyarakat, kebiasaan yang berlaku, nilai dan tradisi yang tertanam dalam masyarakat. Di dalam faktor budaya terdapat kelas sosial yang seringkali menjadi target dalam menganalisis kebiasaan konsumen dalam membeli.

2. Faktor Sosial

Dalam mengambil keputusan pembelian terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi salah satunya adanya rekomendasi dari pihak lain. Hal tersebut masuk dalam faktor sosial dimana perilaku konsumen dapat dipengaruhi oleh lingkungan sosial sekitarnya seperti kelompok yang memberikan referensi dan keluarga. Selain itu ada faktor lain yang mendukung perilaku konsumen yakni peran dan status yang dimiliki oleh konsumen.

3. Faktor Personal

Faktor pribadi merupakan faktor yang melekat pada diri customer seperti usia, pekerjaan, keuangan, gaya hidup, konsep diri atau kepribadian. Perbedaan usia pasti memiliki kebutuhan serta tingkat pengeluaran yang berbeda. Begitu juga dengan faktor – faktor lain,dapat menghasilkan perilaku konsumen yang berbeda – beda.

4. Faktor Psikologi

Terdapat empat faktor psikologi yang dapat mempengaruhi perilaku konsumen yaitu motivasi, persepsi, pembelajaran dan pengalaman, serta sikap konsumen. Motivasi dalam hal ini dapat berupa keinginan atau kebutuhan psikologi konsumen bisa berupa kebutuhan akan keamanan, kebutuhan sosial, dan juga kebutuhan akan aktualisasi diri.

Faktor yang kedua yaitu persepsi yang merupakan pandangan seseorang terhadap situasi yang ada disekitarnya. Pandangan inilah dapat mempengaruhi seseorang dalam menentukan keputusan. Faktor yang ketiga yaitu pembelajaran dan pengalaman, dalam hal ini yakni riset produk atau jasa sebelum konsumen memutuskan untuk membeli suatu produk atau jasa. Sedangkan pengalaman diperoleh konsumen setelah membeli produk atau jasa pada waktu sebelumnya. Baik pembelajaran maupun pengalaman inilah yang memiliki peranan penting dalam mempengaruhi kebiasaan konsumen dalam melakukan pembelian. 

Jika kamu bingung dengan  yang berkaitan dengan Branding, kamu bisa mempercayakan kepada brand development terpercaya. Teamwork Brand Development yang sejak tahun 2006 telah berhasil membantu brand skala nasional hingga multinasional berkembang di wilayah nusantara.  Jadi tunggu apalagi? Kami hadir membantu kamu meningkatkan branding bisnis kamu sehingga market kamu tumbuh dan berkembang secara benar.

Klik di Sini untuk informasi lebih lanjut. 

Kesuksesan kamu adalah tujuan kami.