Strategi Pemasaran Brand Activation Ini Bisa Kamu Coba!

Seiring perkembangan era digital, digital marketing menjadi semakin gencar untuk memperkenalkan suatu brand.Salah satu cara memperkenalkan brand yaitu melalui brand activation.

Brand activation merupakan kegiatan dan interaksi yang dilakukan oleh suatu brand kepada konsumen untuk meningkatkan ketertarikan mereka pada brand tersebut.

Seperti namanya, brand activation dapat mengaktifkan brand dalam pikiran setiap konsumen. Berikut ada beberapa strategi pemasaran brand activation yang bisa kamu coba

1. Sponsorship Activation

Kegiatan yang dilakukan dalam strategi brand activation ini yaitu dengan membiayai kegiatan atau sebuah acara yang sedang berlangsung. Misalnya produk minyak goreng mensponsori kegiatan lomba masak, lalu produk sabun ini akan membuka booth di lokasi lomba, sehingga konsumen bisa menggunakan minyak goreng untuk kegiatan memasak mereka.

2. Promotions Activation

Aktivitas pada strategi ini yaitu dengan menggunakan promo diskon, undian berhadiah, referral code, dan lain sebagainya untuk menarik perhatian calon konsumen.

3. Direct Marketing Activation

Strategi berikutnya untuk pemasaran brand activation yaitu dengan langsung terhubung dengan target konsumen. Aktivitas yang dilakukan pada promotions activation yaitu memberikan sampel atau produk gratis untuk dicoba sebelum orang membeli. Aktivitas ini dapat menciptakan ketertarikan konsumen terhadap produk.

4. Marketing Event Activation

Selanjutnya adalah marketing event activation yaitu strategi dengan cara membuat sebuah event atau kegiatan promosi untuk produk dan layanan yang dipasarkan. Misalnya seperti pameran, arena games, kontes,dan lain sebagainya.

5. Social Media Activation

Terakhir adalah social media activation yang memanfaatkan media sosial dalam memasarkan produk atau layanan, misalnya seperti menggunakan email blast untuk menciptakan relasi dengan konsumen.

Dari sebuah brand activation kamu juga dapat merasakan manfaat untuk bisnis kamu loh! Di antaranya adalah sebagai berikut.

1. Mendapat Feedback

Manfaat brand activation selanjutnya yaitu kamu bisa mendapatkan feedback  dari konsumen mengenai produk atau jasa yang ditawarkan oleh bisnis atau perusahaanmu.

2. Memperkuat Posisi Brand

Brand activation membantu dalam meningkatkan brand awareness, brand switching, dan brand loyalty. Dengan peningkatan hal-hal tersebut brand yang kamu miliki akan menjadi kuat dan masyarakat semakin mengenal brand kamu.

3. Memperoleh Data Pelanggan

Dengan brand activation kamu dapat memperoleh data pelanggan misalnya dengan cara mengadakan pameran. Kamu dapat meminta data ketika mereka mengunjungi booth kamu. Adapun tujuan data konsumen adalah agar kamu dapat memahami pelanggan dan dapat menghubungi mereka di masa depan.

4. Menjangkau Pelanggan Baru

Terakhir manfaat brand activation adalah membantu dalam menjangkau pelanggan baru. Saat mereka sadar dengan brand kamu serta mengetahui apa keunggulannya, mereka akan tertarik dan memutuskan menjadi pelanggan.

Nah, itulah beberapa strategi pemasaran brand activation yang bisa kamu coba untuk meningkatkan pemasaran produk bisnis kamu. Jika kamu membutuhkan jasa layanan desain. Kamu bisa mencoba Teamwork Brand Development yang sejak tahun 2006 telah berhasil membantu brand skala nasional hingga multinasional berkembang di wilayah nusantara.  Jadi tunggu apalagi? Kami hadir membantu kamu meningkatkan branding bisnis kamu sehingga market kamu tumbuh dan berkembang secara benar.

Klik di Sini untuk informasi lebih lanjut. 

Kesuksesan kamu adalah tujuan kami.