CSR Tingkatkan Brand Value untuk Bisnis
CSR (Corporate Social Responsibility) merupakan tanggung jawab sosial perusahaan terhadap stakeholder, mulai dari pemegang saham, karyawan, konsumen, pemerintah, dan masyarakat yang terkait dengan perusahaan tersebut. Ada dua tanggung jawab CSR, pertama perusahaan memberi bantuan sukarela kepada masyarakat sekitar dan yang kedua yaitu menjadi wali untuk memberikan pertimbangkan ketika perusahaan membuat kebijakan yang berdampak terhadap lingkungan.
CSR sendiri diatur dalam Pasal 74 UU Nomor 40 Tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas. Dengan melakukan kegiatan CSR akan dapat meningkatkan brand value dalam bisnis sebab CSR akan membuat citra perusahaan positif di masyarakat. Karena tujuan program CSR yaitu membuat perusahaan dapat menunaikan tanggung jawab mereka dengan menjalankan program yang mengurangi resiko karena aktivitas perusahaan tersebut.
Jika perusahaan rajin melakukan kegiatan CSR secara rutin, maka akan dapat meningkatkan brand value, sebab masyarakat, pemerintah, akademisi, atau konsumen akan semakin mengenal perusahaan tersebut.Selain itu kegiatan sosial pada program CSR seperti memberikan pengetahuan produk kepada konsumen dengan cara membagikan produk secara gratis akan memperkuat brand perusahaan. Langkah ini secara langsung akan memicu kesadaran para konsumen atas keberadaan produk sehingga dapat meningkatkan posisi brand perusahaan di pasar.
Ada beberapa Model CSR yang mana perusahaan dapat memiliki model sendiri untuk melakukan kegiatan CSR.Beberapa model CSR tersebut adalah sebagai berikut.
1. Terlibat Langsung
Model ini yaitu perusahaan melibatkan diri secara langsung pada masyarakat. Contohnya yaitu memberi bantuan dana pada masyarakat sekitar yang kurang mampu secara langsung tanpa bantuan perantara.
2. Melalui Yayasan
Jika perusahaan memiliki sebuah yayasan, maka perusahaan bisa memanfaatkannya untuk program kemanusiaan. Yayasan dapat membantu masyarakat yang tidak mampu merasakan sedikit kebahagiaan.
3. Bermitra
Perusahaan bisa bermitra dengan perusahaan lain untuk program CSR. Tentunya mitra yang dipilih adalah yang berfokus pada kegiatan sosial baik swasta ataupun milik pemerintah.
4. Konsorsium
Bergabung dengan konsorsium merupakan model CSR yang melibatkan dua pihak perusahaan untuk satu proyek tertentu. Contohnya proyek pembangunan sekolah, jembatan, dan lain sebagainya.
Bagi bisnis atau perusahaan yang menginginkan membangun atau meningkatkan brand value yang baik kepada masyarakat akan melakukan CSR. Kegiatan CSR juga merupakan investasi jangka panjang dengan tujuan membangun citra positif perusahan di mata masyarakat atau konsumen. Dengan adanya citra positif tersebut maka ada peningkatan terhadap ikatan emosional konsumen dengan produk pada bisnis. Dengan kegiatan CSR, diharapkan bisa memberdayakan potensi pada masyarakat dan juga dapat membangun sumber daya pada masyarakat.
Kini kamu sudah paham mengapa CSR itu penting dan dapat tingkatkan brand value pada bisnis. Jika kamu membutuhkan jasa layanan desain, kamu bisa mencoba Teamwork Brand Development yang sejak tahun 2006 telah berhasil membantu brand skala nasional hingga multinasional berkembang di wilayah nusantara. Jadi tunggu apalagi? Kami hadir membantu kamu meningkatkan branding bisnis kamu sehingga market kamu tumbuh dan berkembang secara benar.
Klik di Sini untuk informasi lebih lanjut.
Kesuksesan kamu adalah tujuan kami.