Pentingnya Riset Sebelum Membuat Desain
Desain merupakan rencana dan rancangan produk sebelum dibuat real. Untuk membuat sebuah desain, ada baiknya seorang desainer melakukan riset terlebih dahulu.Riset dapat membantu seorang desainer mempunyai wawasan luas mengenai rancangan yang akan dikerjakan, misalnya budaya, emosional, hingga yang bersifat teknis.
Maka dari itu sebuah riset penting dilakukan agar produk yang akan di desain menjawab kebutuhan masyarakat dan bermanfaat bagi masyarakat.Berikut beberapa tentang pentingnya riset sebelum membuat desain.
1. Mempelajari Perilaku Konsumen
Riset dapat membantu desainer memahami mendalam tentang konteks penggunaan konsumen dan membantu mereka paham akan persyaratan produk lebih baik.
2. Mengungkapkan Wawasan untuk Ditindaklanjuti
Melakukan riset dapat membantu desainer memperoleh wawasan dan menindaklanjutinya dalam pembuatan desain.
3. Mengetahui Masalah yang Dihadapi Konsumen
Melakukan riset juga dapat membantu untuk mengetahui masalah yang dihadapi oleh konsumen, apa yang mereka butuhkan dan apa yang memberi solusi masalah mereka.
Ada beberapa jenis riset yang bisa dilakukan oleh seorang desainer.
1. Riset Tradisional
Riset Tradisional dilakukan untuk mengumpulkan berbagai informasi salah satunya mengenai target audiens. Metode yang dilakukan salam riset ini yaitu seperti demografi, riset, focus group, dan psikografis.
2. Riset Etnografis
Riset Etnografis dilakukan dengan cara mengamati hubungan antara budaya dan perilaku manusia, kemudian dilihat dari sudut pandang kelompok atau individu. Metode yang dilakukan dalam riset ini yaitu seperti observasi, visual antropologi, dan foto etnologi.
3. Pengalaman Pengguna
Riset dengan memanfaatkan pengalaman pengguna digunakan untuk menghitung kemampuan suatu produk atau layanan apakah sudah memenuhi kebutuhan target konsumen. Metode yang dilakukan yaitu seperti observasi. web analytics, dan personal.
4. Riset Desain Klasik
Riset Desain Klasik dilakukan untuk memperoleh informasi yang dikumpulkan secara langsung oleh desainer. Metodenya yang dilakukan dalam riset ini yaitu review para klien atau pesaing, serta dengan uji coba prototype.
5. Riset Gabungan
Riset Gabungan adalah penggabungan antara riset subjektif, objektif, kuantitatif, kualitatif, lapangan, dan studio. Beberapa riset yang digabungkan tersebut kemudian dianalisis dan ditarik kesimpulannya.
Dengan beberapa pilihan riset diatas dapat membantu desainer melakukan riset agar memperoleh pengetahuan yang dalam mengenai desain yang akan dibuat dan desain menjadi tepat sasaran.
Sekarang kamu sudah tahukan bahwa pentingnya riset sebelum membuat desain. Jika kamu membutuhkan jasa layanan desain, kamu bisa coba Teamwork Brand Development yang sejak 2006 telah berhasil membantu brand skala nasional hingga multinasional berkembang di wilayah nusantara. Jadi tunggu apalagi? Kami hadir membantu kamu meningkatkan branding bisnis kamu sehingga market kamu tumbuh dan berkembang secara benar.
Klik di Sini untuk informasi lebih lanjut.
Kesuksesan kamu adalah tujuan kami.