Pentingnya kata kunci yang tepat dalam kampanye google ads
Iklan online bukan hal yang asing lagi terdengar di dunia digital marketing. Iklan model ini berpeluang tinggi tampil di target pasar yang memang berminat dengan kategori produk atau layanan yang diiklankan. Salah satunya merupakan iklan google ads yang mengandalkan kata kunci untuk pengoptimalan jangkauannya.
Dalam kampanye google ads, pemilihan kata kunci memegang peranan paling penting. Kata kunci menjadi salah satu strategi SEO atau yang biasa dikenal dengan Search Engine Optimization. Sederhananya, kata kunci perlu dipertimbangkan dengan matang agar sesuai dengan iklan kampanye. Tujuannya untuk bisa menjangkau lebih banyak pengguna.
Ada beberapa jenis kata kunci iklan google ads agar kamu bisa lebih baik dalam mengoptimalkan iklan kampanyemu. Beberapa diantaranya :
1. Exact Match Keyword
Jenis kata kunci satu ini muncul ketika pengguna mencari kata kunci di search engine. Misalnya ketika kamu mengetik Baju Wanita. Kemungkinan besar pengguna akan menemukan kata kunci ketika menelusuri ‘Baju Cewek’ atau ‘Baju Wanita’ yang juga muncul di search engine. Jika kamu memahami secara matang kata kunci ini, kamu akan lebih mudah mendapatkan pengunjung yang benar-benar berminat.
2. Broad Match Keyword
Jenis kata kunci ini memiliki jangkauan lebih luas. Misal pengguna menggunakan keyword ‘Baju Wanita’, iklan yang muncul kemungkinan ketika pengguna mencari kata kunci seperti model baju wanita, toko baju wanita hingga baju wanita blouse. Iklan ini biasanya muncul ketika pengguna mencari keyword serupa, sinonim, salah ejaan atau bentuk dasar.
3. Phrase Match Keyword
Jenis kata kunci ini merujuk pada keyword yang spesifik dan telah ditargetkan untuk marketing iklan di google. Misalnya kata kunci yang digunakan ‘Baju Wanita’, iklan yang muncul jika pengguna memasukan penelusuran baju wanita merah, baju wanita katun merah atau toko baju wanita.
4. Broad Match Modifier Keyword
Kata kunci persilangan ini antara broad dan phrase match. Iklan pengguna akan muncul meski pengguna menelusuri kata kunci sinonim atau relevan dengan keyword. Misalnya keyword yang digunakan pengguna ‘Baju wanita’, iklan pengguna akan tampil untuk penelusuran dengan kata kunci model baju wanita, jual baju wanita, katun baju wanita, baju untuk wanita, dan lainnya.
5. Negative Match Keyword
Jenis kata kunci ini dibuat memang dikhususkan sebagai permintaan menghentikan tampilan iklan. Penggunaan kata kunci ini bisa menyaring kata kunci yang tidak relevan dengan kata kunci yang pengguna gunakna. Misalnya kata kunci iklan ‘Baju Wanita’, kemudian daftar negative keyword ‘Pria atau Laki-laki’. Iklan pengguna tidak akan muncul jika pengguna menelusuri kata kunci seperti baju katun pria, model baju pria.
Kata kunci di atas dapat diterapkan sebagai salah satu strategi pengoptimalan kampanye google ads. Dengan mengerti strategi dengan baik dan menerapkan dengan sesuai, optimasi iklan tidak akan sia-sia serta akan mudah ditemukan banyak pengguna.
Jika kamu kebingungan dalam menentukan dan melakukan strategi marketing, membuat marketing plan hingga eksekusi, melakukan branding atau hal berkaitan dengan development brand. kamu bisa mempercayakan kepada brand development terpercaya.
Teamwork Brand Development sejak 2006 telah berhasil membantu brand skala nasional hingga multinasional berkembang di wilayah nusantara. Jadi tunggu apalagi? Kami hadir membantu kamu meningkatkan branding bisnis kamu sehingga market kamu tumbuh dan berkembang secara benar.
Klik di Sini untuk informasi lebih lanjut.
Kesuksesan kamu adalah tujuan kami