Membangun Kepercayaan Publik dengan CSR

Pernahkah kamu menemukan program CSR milik suatu perusahaan? Seperti program donasi untuk masyarakat yang terkena dampak bencana alam. CSR merupakan tanggung jawab sosial perusahaan yang perlu dilakukan, dan jika tidak bisa dikenakan sanksi. Bukan tanpa alasan CSR diwajibkan untuk perusahaan. Sebelum itu, kita perlu tahu dulu apa maksud dari CSR.

Apa Itu CSR?

CSR atau Corporate Social Responsibility merupakan tanggung jawab sosial yang diberikan pada suatu perusahaan atas lingkungan sosial tempat perusahaan tersebut berada. CSR menjadi upaya tanggung jawab sosial untuk memberikan dampak kepada masyarakat terutama pada bidang lingkungan hidup. Untuk itu CSR juga bisa dibilang memegang peran penting pada perusahaan.

Perusahaan diwajibkan melakukan program CSR bukan tanpa alasan. Ada beberapa alasan mengapa CSR perlu dilakukan oleh perusahaan. Diantaranya : 

  1. Meningkatkan Reputasi Perusahaan 
  2. Membangun Hubungan Baik dengan Relasi Bisnis
  3. Memperluas Target Pasar
  4. Mendapat Kepercayaan Masyarakat

CSR dinilai sangat mampu membangun kepercayaan publik pada suatu perusahaan. Strategi sosial ini menjadi solusi terbaik untuk merekatkan hubungan perusahaan yang buruk dengan masyarakat. Misalnya ketika perusahaan mendapat kesan negatif sebagai perusahaan perusak lingkungan, dengan menggunakan strategi CSR, akan meminimalisir kesan negatif. 

Sayangnya, tidak sedikit perusahaan menggunakan CSR sebagai tujuan pencitraan saja, padahal CSR memiliki tujuan pembangunan berkelanjutan yang mencakup banyak bidang seperti aspek ekonomi, sosial dan tentunya aspek lingkungan. Ada berbagai program CSR yang biasanya dilakukan oleh sebuah perusahaan. Beberapa diantaranya :  

1. Kegiatan Kemanusiaan 

Ini dilakukan seperti penggalangan dana, bantuan dana UMKM atau sebagainya yang memang merupakan program filantropi.

2. Program Alam

Program alam mencakup kegiatan rehabilitasi alam seperti pengelolaan limbah, penanaman bakau, reboisasi atau sebagainya. 

3. Volunteering

Kegiatan kerelawanan yang secara rutin atau insidental dilakukan. Seperti menyalurkan relawan ke tempat yang memang perlu dibantu. 

Dan masih banyak lagi program-program CSR lainnya. Tak dipungkiri, perusahaan yang melakukan kewajibannya dengan mengadakan program CSR sangat berpengaruh terhadap kepercayaan publik pada merek perusahaan tersebut. 

Jika kamu kebingungan dalam menentukan dan melakukan strategi marketing, membuat marketing plan hingga eksekusi, melakukan branding atau hal berkaitan dengan development brand. kamu bisa mempercayakan kepada brand development terpercaya. 

Teamwork Brand Development sejak 2006 telah berhasil membantu brand skala nasional hingga multinasional berkembang di wilayah nusantara.  Jadi tunggu apalagi? Kami hadir membantu kamu meningkatkan branding bisnis kamu sehingga market kamu tumbuh dan berkembang secara benar.

Klik di Sini untuk informasi lebih lanjut. 

Kesuksesan kamu adalah tujuan kami