Pentingnya Marketing Plan Untuk Sebuah Brand

Bagi para pelaku usaha, mendengar istilah marketing plan alias rencana pemasaran tentu bukanlah hal yang asing lagi. Marketing plan dianggap langkah terpenting sebelum melakukan pemasaran. Hal ini selain menjadi pedoman aktivitas dalam proses pemasaran, juga mampu memberikan gambaran jelas mengenai strategi pemasaran yang akan dilakukan. 

Marketing plan yang tepat dan benar, akan mampu secara efektif dan efisien menjangkau audiens lebih luas dengan lebih cepat. Selain itu, bisnis yang dijalankan memiliki arah dan lebih mudah mencapai tujuan bisnis itu sendiri. 

Apa Itu Marketing Plan?

Dalam artiannya sendiri, marketing plan merupakan sebuah pedoman untuk strategi pemasaran dan membantu pelaku bisnis memahami audiens, menetapkan tujuan serta mengoptimalkan pemasaran. Tujuan dari marketing plan yakni memberikan gambaran jelas mengenai bagaimana nantinya strategi pemasaran dilakukan. 

Sebuah bisnis tanpa rencana sejak awal akan terombang-ambing tanpa arah, dan kemungkinan besar tidak berlangsung lama. Marketing plan memiliki peranan penting dalam keberlangsungan hidup sebuah bisnis atau brand. Untuk itu, perlu adanya marketing plan sebagai langkah penting menyelaraskan visi misi perusahaan dengan strategi pemasaran.

Bagaimanakah Marketing Plan yang Efektif dan Tepat Itu? 

Terdapat langkah penting dalam membuat marketing plan untuk brand atau bisnis, diantara lain : 

1. Mengenali Bisnis

Identifikasi secara lebih mendalam kondisi perusahaan dari internal hingga eksternal. Buat SWOT agar kamu mampu lebih mudah tahu kelemahan dan kekuatan perusahaanmu, bahkan peluang dan ancaman.

2. Target Pasar

Menentukan target pasar bisa kamu lakukan dengan membuat buyer persona dan kemudian identifikasi dari buyer persona, pelanggan yang cocok atau pasar yang cocok dengan brand kamu seperti apa. 

3. Analisis Kompetitor

Lakukan analisis kompetitor agar kamu bisa mengetahui peluang seperti apa untuk menjadi lebih baik dari kompetitormu.

4. Tetapkan KPI

KPI (Key Perfomance Indicator) memiliki tujuan mengukur berbagai parameter dari sebuah campaign. Misal kita bisa mengukur traffic media sosial website dan lainnya. Jika mampu melampaui KPI, berarti rencana pemasaran berhasil diterapkan. 

Dari beberapa langkah penting membuat marketing plan di atas, bisa kamu terapkan untuk keberlangsungan dan meningkatkan efektivitas serta efisiensi strategi pemasaran bisnis atau brandmu. Dengan memahami marketing plan, kamu bisa lebih mudah mencapai target bisnis kamu. 

Jika kamu kebingungan dalam menentukan dan melakukan strategi marketing, membuat marketing plan hingga eksekusi, melakukan branding atau hal berkaitan dengan development brand. kamu bisa mempercayakan kepada brand development terpercaya. 

Teamwork Brand Development sejak 2006 telah berhasil membantu brand skala nasional hingga multinasional berkembang di wilayah nusantara.  Jadi tunggu apalagi? Kami hadir membantu kamu meningkatkan branding bisnis kamu sehingga market kamu tumbuh dan berkembang secara benar.

Klik di Sini untuk informasi lebih lanjut. 

Kesuksesan kamu adalah tujuan kami.