Mempromosikan Merek Melalui Sebuah Cerita

Untuk menentukan strategi promosi yang efektif dan efisien bukanlah suatu hal mudah. Pesan yang ingin kita sampaikan kepada target market harus sesuai dan juga mampu diterima dengan baik di benak para konsumen. Kalau pesan yang disampaikan tidak unik atau biasa saja, untuk diterima dikhalayak dan memiliki kesan menarik di mata mereka akan sangat sulit sekali dicapai. 

Banyak perusahaan yang lebih memfokuskan pada strategi promosi dengan iklan, namun untuk hal yang berkaitan dengan pesan yang ingin disampaikan oleh sebuah merek, diperlukan strategi yang lebih menyentuh benak target konsumen dan mudah diingat oleh audience.

Perkembangan promosi merek melalui sebuah cerita atau kini telah banyak dikenal dengan istilah storytelling promotion, dianggap mampu menyentuh hati dan emosi. Konten yang mengandung cerita, mampu menggerakan seseorang untuk melakukan tindakan. 

Adapun konten storytelling atau promosi merek melalui sebuah cerita yang sukses. Gojek membuat video campaign yang memiliki isi cerita mengajak pengguna gojek beramal dengan memberi tip bagi driver gojek di bulan ramadhan. Ini dinilai sukses karena salah satu driver gojek mengaku di saat campaign itu berlangsung, pendapatan gojek dari tip sangat meningkat drastis. 

Untuk itu, ada beberapa tips jika kamu ingin mencoba mempromosikan merek kamu melalui sebuah cerita, diantaranya : 

1. Kenali audiens

Langkah penting pertama yang perlu kamu lakukan ialah mengenali siapa audiens kamu. Siapa mereka, apa yang diinginkan mereka, apa yang dibutuhkan dan hal apa yang membuat mereka tertarik. Ini akan membantu menentukan gaya cerita yang tepat.

2. Karakter yang Kuat

Pastikan karakter dari sebuah cerita yang kamu bangun dapat menginspirasi audiens dan merekmu dapat mengidentifikasi karakter kuat tersebut. 

3. Nilai Merek

Kamu perlu fokus pada nilai mereka yang kamu tawarkan pada audiens dan ini akan membantu kamu mengkonsolidasikan merek kamu di benak para audiens.

4. Narasi Menarik

Buat narasi cerita yang menarik dan membuat perhatian audiens tertuju pada isi cerita. Kamu harus memastikan narasi cerita mengalir dengan baik dan audiens akan berempati dengan karakter kuat yang kamu buat. 

Dengan hal ini kamu mampu melakukan cara promosi merek melalui sebuah cerita atau storytelling promotion. Jika kamu kebingungan dalam menentukan dan melakukan strategi marketing, melakukan branding atau hal berkaitan dengan development brand. kamu bisa mempercayakan kepada brand development terpercaya. 

Teamwork Brand Development sejak 2006 telah berhasil membantu brand skala nasional hingga multinasional berkembang di wilayah nusantara.  Jadi tunggu apalagi? Kami hadir membantu kamu meningkatkan branding bisnis kamu sehingga market kamu tumbuh dan berkembang secara benar.

Klik di Sini untuk informasi lebih lanjut. 

Kesuksesan kamu adalah tujuan kami.