3 Alasan Ilmu Digital Marketing Wajib Dimiliki Pelaku Bisnis ?

Di era digital ini, bukan hal asing lagi jika mendengar istilah ‘digital marketing’. Berbagai hal faktanya ikut serta menjadi faktor tersohornya istilah tersebut, terutama pada pelaku bisnis di kalangan masyarakat. Sudah bukan hal aneh lagi bagi mereka, bagaimana tidak? Digital marketing sering andil dalam perjalanan bisnis kecil hingga tumbuh berkembang menjadi skala yang lebih besar. Sebelum membahas lebih mengenai bisnis digital, baiknya kita perlu tahu definisi dari digital marketing sendiri.

Menurut (Chaffey, 2002) digital marketing adalah penerapan teknologi digital yang membentuk online channel ke pasar (website, e-mail, data base, digital TV dan melalui berbagai inovasi terbaru lainnya termasuk didalamnya blog, feed, podcast, dan jejaring sosial) yang memberikan kontribusi terhadap kegiatan pemasaran.

Secara umum, digital marketing merupakan strategi pemasaran dengan menerapkan sarana berbasis digital. Kerap kali strategi digital marketing dilakukan oleh pelaku bisnis dengan memanfaatkan internet seperti website, social media, aplikasi e-commerce dan masih banyak lagi. Ini mengacu pada istilah yang kadang kala diaplikasikan dan ditafsirkan di Indonesia, yakni internet marketing.

Dalam bisnis skala paling kecil hingga besar, sudah hal lumrah bila mengetahui pelaku bisnis memanfaatkan strategi digital marketing ini untuk mendorong peningkatan dari segi brand awareness hingga conversion marketing. Ini juga dianggap siasat cerdas jika dilakukan dengan benar untuk mencapai goals bisnis. Pasalnya, tak hanya ratusan orang, jika menilik dari kacamata luas, hampir semua pelaku bisnis yang mengenal teknologi, tak ragu untuk berlari kencang dengan menggunakan strategi ini untuk mencapai finish, alias goals bisnis mereka sendiri.

Untuk mengetahui pentingnya mempelajari ilmu digital marketing lebih dalam bagi para pelaku usaha, mari kita bahas pada tiga poin berikut ini :

1. Brand Awareness

Pemasaran digital alias digital marketing ini terbukti mampu memberi dampak brand Awareness yang signifikan. Hal ini tidak terlepas dari strategi digital marketing itu sendiri yang dilakukan secara baik dan benar. Penerapan ini tentunya mempercepat jangkauan serta target pelanggan lebih cepat serta tepat. Mari sejenak kita bayangkan jika pemasaran tidak dilakukan secara digital. Ini akan membutuhkan waktu dan tenaga yang cukup banyak. Apalagi jika target pelanggan dari suatu bisnis sangat meluas. Mempromosikan produk atau layanan jasa akan terasa begitu mustahil untuk direngkuh. Hal ini jadi pertimbangan utama pelaku bisnis dalam mengenalkan bisnis. Mereka lebih menitikberatkan pada strategi digital marketing.

Selain itu, optimalisasi penerapan digital marketing dapat memberikan solusi dalam berbagai permasalahan bisnis. Kita ambil contoh, suatu bisnis belum mencapai target penjualan bulanan. Pemanfaatan e-commerce, marketplace serta memaksimalkan fitur social media akan dapat menjadi strategi ampuh jika dimanfaatkan dan dikelola dengan baik serta konsisten.

2. Peluang lebih luas

Jika kita menilik lebih dalam terhadap peningkatan tahunan pengguna internet, sudah tak mengejutkan lagi bahwa pertumbuhan sangat meningkat pesat. Pada rentang 2019 – 2023, pengguna internet di Indonesia diproyeksikan mengalami peningkatan sangat tinggi dengan rata – rata pertumbuhan sebesar 10,2%.

Peluang ini tentunya dimanfaatkan secara cerdas oleh pelaku bisnis. Bagaimana tidak? Akan sangat merugi jika tidak dioptimalisasikan dengan baik. Hal ini didasarkan juga dengan adanya keterkaitan seberapa kompetennya sumber daya yang kuat untuk menguasai ilmu digital marketing. Tentunya ini mampu mengambil pangsa pasar yang lebih luas, juga berpeluang lebih untuk mengalahkan kompetitor pasar.

3. Efektif dan Efisien

Perusahaan tentunya sangat mempertimbangkan pengeluaran modal, apalagi jika perusahaan tersebut masih pada tahap berkembang. Permainan dan penguasaan ilmu digital marketing sebaiknya perlu dikuasai lebih jauh. Banyak sebab yang harus diperhatikan penuh oleh pelaku bisnis terkait ini. Mulai dari digital marketing mampu menekan modal untuk melakukan pemasaran. Biaya iklan cetak atau baliho sudah tidak diperlukan lagi dengan hadirnya digital marketing.

Perusahaan bisa memasarkan produk dengan berbagai cara lewat internet seperti sosial media. Pada kuartal tiga tahun 2022, Tiktok telah memiliki pengguna mencapai 1,53 miliar. Pelaku bisnis ramai sekali memenuhi platform ini dengan tujuan meningkatkan brand awareness hingga penjualan. Bahkan, sudah ada fitur sendiri untuk penjualan pada platform ini, yakni Tiktok Shop. Efisiensi dan keefektifan digital marketing sangat memudahkan dan menjadi alternatif terbaik bagi para pelaku bisnis.

Tiga poin ini menjelaskan secara gamblang seberapa penting ilmu dari digital marketing untuk pelaku bisnis. Dengan adanya penguasaan digital marketing secara optimal, bukan hal sulit untuk mencapai goals bisnis, entah dalam goals brand awareness ataupun goals conversion marketing.

Sederhana saja, misalkan bisnis adalah sebuah kendaraan yang mengangkut banyak nyawa. Dan bayangkan bahwa strategi pemasaran anda adalah bahan bakarnya. Tujuan dari kendaraan ini tak akan bisa sampai jika strategi pemasaran tidak dioptimalisasikan dengan baik. Bisa saja kendaraan ini akan terhenti di tengah jalan.

Ada banyak strategi pemasaran digital marketing yang perlu kamu lakukan dan pertimbangkan secara matang. Jika kamu butuh bantuan untuk memulai bisnis kamu di dunia digital marketing dengan tepat dan benar, kamu bisa percayakan bisnis kamu dengan brand development terpercaya. Teamwork Brand Development telah berhasil membantu brand skala nasional hingga multinasional berkembang di wilayah nusantara. 

Jadi tunggu apalagi? Kami hadir membantu kamu meningkatkan branding bisnis kamu sehingga market kamu tumbuh dan berkembang secara benar. Klik di Sini untuk informasi lebih lanjut.

Kesuksesan kamu adalah tujuan kami.